Pen sewa an pinjam an baju kostum di Bintaro BSD Serpong Pamulang dan Jakarta selatan, Kostum adat daerah, internasional, profesi, pejuang, tentara, polisi, perkawinan, Hallowen anak dewasa laki perempuan dewasa anak, laki perempuan. R Dance Kostum, R Kingdom Kostum, R Dance Academy, Kostum 76
www.r-dance.com
Others
Others

»

#4 of 5 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Manfaat Menari Bagi Manusia

   

Sebenarnya MENARI merupakan bagian penting bagi manusia, terutama bagi anak anak, menari digunakan sebagai :

-          Cara ekspresi diri

-          Upacara adat atau agama

-        Serta kesehatan (di sebagian besar budaya sepanjang sejarah, sebagai contoh, ahli pengobatan dari suku asli Amerika menggunakan tarian sebagai bagian ritual penyembuhan mereka)

 

Secara umum tari memiliki beberapa fungsi antara lain: ekspresi budaya, media komunikasi, salah satu bentuk seni, dan alat sosialisasi pula. Mengajarkan tari pada anak-anak secara spesifik akan membawa banyak manfaat, seperti:

 

KEBUGARAN FISIK

Saat menari entah berapa banyak otot yang bekerja, dan anak dilatih menjadi lebih kuat, seimbang, berstamina, koordinatif dan fleksibel. Walaupun anak sudah terlihat tidak punya bakat menjadi penari profesional nantinya namun kalau ia suka menari kemungkinan besar ia akan memiliki pola hidup yang lebih aktif sampai dewasa nanti. Selain kekuatan dan lainnya, dengan berlatih menari postur tubuh juga menjadi lebih baik. Cara berdiri, duduk, berjalan, dan semua aktivitas lain akan menjadi lebih baik (dan lebih anggun). Terbiasa memiliki postur tubuh yang benar dalam kegiatan sehari-hari saja sudah akan mengurangi banyak penyakit.

 

KOORDINASI TUBUH

Dengan menari semua organ-organ tubuh akan berfungsi dengan baik, dimana selsel dapat berkembang dengan baik dan bekerja disetiap organ dengan baik.

 

PERCAYA DIRI  DAN FOKUS

Kenapa percaya diri bisa meningkat dengan menari? Alasan yang langsung terlihat adalah karena mereka akan merasa senang dengan tubuhnya dan kemampuannya mengolah gerak. Namun bukan hanya itu, Anthony Robbins, sekorang pakar NLP dan motivasi top dunia, selalu menyarankan semua orang yang ingin mengubah nasib hidupnya dengan memulai dari mengubah tubuhnya dulu menjadi lebih sehat dan bugar. Men sana in corpore sano begitu lah. Dengan memperhatikan kesehatan dan kebugaran fisik terlebih dahulu, kita akan benar-benar merasa memegang kendali dan bertanggung jawab atas diri kita sendiri (bukan berarti melupakan Tuhan ya). Kemampuan untuk berfokus juga akan meningkat dengan belajar menari. Jelas lah ini. Gimana bisa menari dengan baik kalau nggak fokus? Menari juga akan melatih memori, karena kita harus menghafal urutan gerak.

 

MELATIH KOMITMEN DAN DISIPLIN

Menjadi penari yang baik butuh latihan berkali-kali. Anak akan belajar untuk memiliki komitmen dan dedikasi yang kuat, serta disiplin berlatih terus menerus bersama rekan-rekannya (menari biasanya tidak sendiri) agar bisa menari dengan baik. Penari-penari profesional seringkali harus melewati perjalanan karir yang dipenuhi dengan latihan-latihan intensif setiap harinya selama bertahun-tahun untuk mencapai kesuksesan. Jangan dikira kalau ingin menjadi penari top itu cukup latihan part time.

 

SOSIALISASI DAN KERJASAMA TIM

Menari adalah kegiatan berkelompok yang memerlukan komunikasi, pengertian, dan kekompakan tim. Ini sih sudah jelas ya? Tapi lebih dari itu, belajar kerjasama juga didapat dari komitmen untuk datang dan berlatih. Anak akan belajar untuk tidak mengecewakan rekan-rekan satu timnya dengan bermalas-malasan karena performa seluruh tim akan terpengaruh pula. Ini lah yang saya sebut mengajari anak berkolaborasi, bukan hanya berkompetisi.

 

PENYALURAN EMOSI ( TERUTAMA BAGI ANAK)

Menari digunakan untuk merepresentasikan banyak perasaan seperti kebebasan, harapan, gairah, keberanian, kekuatan, dan keanggunan. Bukan itu saja, menari juga bisa menjadi sarana pelampiasan emosi negatif. Dalam psikologi ada konsep Mekanisme Pertahanan Ego, yaitu strategi mempertahankan citra ego yang kita gunakan saat menghadapi kenyataan yang tidak mengenakkan. Ada banyak cara, kebanyakan negatif, seperti: displacement, regression, repression, isolation, dll. Namun ada juga yang positif seperti altruism, anticipation, humor, dan sublimation. Nah yang terakhir ini, sublimasi, adalah saat kita mentransformasi emosi atau naluri negatif menjadi aksi, emosi dan perilaku positif. Contohnya saat kita kesal luar biasa karena dicaci maki bos di depan rekan-rekan kerja, kita tidak lalu menendang kucing kurang beruntung yang sedang lewat saat kita pulang, namun kita memilih untuk shalat, atau berlatih pencak silat, atau… menari! Luar biasa bukan kalau anak sedari kecil sudah diberi saluran mekanisme pertahanan ego yang baik bagi mereka?

 

 

MANFAAT JENIS TARIAN SECARA KESEHATAN

Berdansa atau menari bukan saja kegiatan yang disukai banyak orang, tapi juga bisa menjadi salah satu aktivitas fisik yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis tarian seperti tango, salsa, tarian perut dan beberapa tarian lainnya tidak hanya berguna untuk membakar kalori, karena tari ini juga dapat membantu melawan penyakit. Manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari jenis tarian berikut ini:

 

Salsa bisa melawan depresi

Studi di University of Derby pada 2007 menunjukkan bahwa seseorang yang belajar salsa bisa membantu memerangi depresi. Para peneliti mengungkapkan bahwa menari bisa memicu pelepasan hormon bahagia di otak dan membantu meningkatkan konsentrasi dan percaya diri. Salsa juga sangat baik untuk membantu mobilitas punggung bagian bawah.

 

Tari country dapat memperkuat tulang

Studi yang dilakukan di Glasgow Caledonian University tahun lalu menunjukkan bahwa tarian dari negara Skotlandia ini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Gaya tarian ini dapat memberikan kekuatan untuk stabilitas, pergelangan kaki dan keseimbangan.

 

Tango meningkatkan keseimbangan tubuh

Para peneliti di Washington University menemukan bahwa tarian ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas pasien penyakit Parkinson, yaitu kondisi gangguan saraf progresif. Gerakan berputar dan berjalan mundur sangat relevan untuk orang dengan kondisi tersebut. Tango juga membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

 

Tari Foxtrot dapat menunda demensia

Peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York mengatakan bahwa para lansia yang mencoba tarian ini mungkin mengalami penurunan risiko penyakit Alzheimer dan membuat tubuh bugar mereka memberikan perlindungan terhadap penyakit.

 

Belly dancing dapat meningkatkan stamina seksual

Belly dancing dapat membantu memperkuat otot perut dan panggul bawah perempuan. Hal ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas dan orgasme selama berhubungan seks. Hal ini juga bisa mengurangi masalah wanita seperti kontrol kandung kemih, terutama setelah melahirkan. Tarian ini juga membuat perut rata, memperkuat lengan dan otot punggung secara efektif.

 

Jive bisa mencegah diabetes

Jive adalah salah satu latihan kardiovaskular terbaik dengan fokus pada mobilitas kaki, dan tarian ini bisa membuat orang banyak berkeringat. Perlu diketahui bahwa tubuh berkeringat akan membantu Anda menurunkan berat badan, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

PENTING UNTUK DIPAHAMI

Betapa banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat mereka belajar dan berkegiatan menari. Jadi mengapa menari tidak diajarkan pada anak-anak seperti kita mengajari mereka Matematika, bahasa inggris dll?

Sebagai tambahan, menari memerlukan pembimbing, pilihlah guru menari yang memang secara naluri dan bakat kesenian yang tinggi, untuk anak anak, guru yang baik adalah yang dapat mengerti dan peduli terhadap anak, karena menari tidak bisa dipaksakan, pelatih yang menyenangkan adalah pelatih yang baik untuk anak-anak.

 

Menari adalah pondasi kecerdasan intelektual anak

Information
Search
Search:
 

www.r-dance.com

R Dance Costume

© 2013


Toko Online